Hadir di Manufacturing 2019, PT Trakindo Utama Perkenalkan Lift Truck Matik 3,5 Ton

0

Lift Truck Matic Cat 3,5 ton sudah dilengkapi fitur safety, Presence Detection System (PDS)

PT Trakindo Utama memperkenalkan mesin lift truck metic berkapasitas 3,5 ton di acara Manufacturing 2019 yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran beberapa waktu lalu.

Trakindo sengaja mendisplay lift truck matik tipe 3,5 ton di event Manufacturing 2019 ini agar customer di tanah air tahu kalau Trakindo juga punya range 3,5 ton. “Customer biasanya tahu kalau Trakindo itu cuma punya forklift yang 2,5-3 ton saja. Kita juga punya yang 4,5 ton yang metik. Itu yang mau kita sampaikan ke customer sebenarnya. Dan range mengangkatnya bisa sampai 6 meter, ,”ujar Lukas T.Sotardado Silaban, Market Development Manager PT Trakindo Utama kepada Indonesia Tyre Magazine di sela-sela pameran berlangsung.

Jadi, lanjutnya lagi, tujuan kita sebenarnya ingin membangun awareness dan interest juga. Jadi targetnya awareness dan interest pada lift truck metic 3,5 ini. Tipe yang didisplay dalam acara manufacturing 2019 ini tipe 3,5 ton. Tapi range kita sebenarnya sangat bervarian, mulai dari 1,5-15 ton.

Lukas menambahkan, Trakindo sengaja display yang range 3,5 ton agar market tahu bahwa Trakindo itu tidak hanya punya range 2,5-3 ton saja, tetapi ada juga di atasnya. Jadi yang di atas 3,5 ton untuk kebutuhan yang lebih tinggi lagi angkatnya. Terus ada juga yang metik,jelasnya.

Sementara dari sisi ukuran, power dan aplikasi, lift truck Caterpillar ini tidak beda jauh dengan brand-brand lain yang ada di pasaran, hanya saja menurut Lukas Lift Truck Matic 3,5 ton merek Caterpillar ini sudah dibekali beberapa fitur safety sehingga membuatnya berbeda dari produk sejenis di pasaran.

Keunggulan Lift Truck Cat ini terutama dari sisi fitur safetynya, di mana sudah ada yang namanya Presence Detection System (PDS). Satu sistem yang bisa mengontrol unit saat sedang mengangkat barang ke atas.
“Ketika lift truck ini sedang dalam posisi mengangkat barang ke atas dan tidak ada operator yang duduk di Cabin, maka secara otomatis alat ini locked walaupun mesinnya masih hidup. Tidak maju, tidak mundur, tidak naik dan tidak turun juga, karena sensornya ada di bangku,”jelasnya.

Cat Lift Truck ini juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada orang yang duduk di cabinnya. Cat lift juga tidak akan menyala kalau operator yang sudah duduk di balik kemudi tidak menggunakan seat belt dan secara otomatis akan bunyikan alarm. Operator juga harus duduk dengan posisi yang benar dan memakai safety belt, baru mesin menyala. Kalau tidak, engine tidak akan merespon.

“Hal itu sebenarnya bermaksud agar operator harus ada di cabin. Artinya mesin forklift, sistem hidraulic akan berhenti secara otomatis. Enginenya tidak mati, tapi fungsinya berhenti, urai Lukas.

CAT Forklift

Cat Lift Truck ini juga masih bisa diimprovement lagi dengan fitur tambahan seperti lampu depan atau belakang, atau fitur lain seperti sensor untuk mundur atau apa pun masih memungkinkan. “Kalau di marketing, produk ini namanya one to one produk. Artinya produk itu sangat customized. Jadi sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan customer. Memang Cat Lift truck punya standar, tapi bisa dibantu sales kita untuk customisasinya,”jelasnya.

Cat Lift Truck ini juga dilengkapi engine Mitsubishi S6S yang sudah dapat lisensi dari Caterpilar. Range fuelnya antar 3-5 liter per jam. Tapi tergantung pemakaiannya. Sementara untuk tirenya ada dua, yakni pneumatic dan solid. Tire untuk forklift juga sudah ready stok semua.

Forklift kelas 3,5 ton ini biasanya diaplikasikan di manufacturing, pergudangan, logistik, food and bavarage, retail langsung. Lift truck 3,5 ton ini dari segi ukuran mirip-mirip dengan 3 ton tapi kapasitas daya angkutnya lebih stabil, lebih aman dan lebih cepat.

Share.

About Author

Leave A Reply