Penjualan Alsintan Lesu PT Satrindo Mitra Utama Perkenalkan Crawler Mini Dumper Merek Hansung Asal Korea di Pameran InaGriTech 2019

0

Musim paceklik bukan saja dialami perusahaan sawit dan petani sawit, tapi juga perusahaan dan distributor Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) di tanah air. Betapa tidak, di tengah lesunya harga dan permintaan Crude Palm Oil/CPO, permintaan Alsintan pun terus anjlok.

Z Rendra Nasution, Sales Division Head PT Satrindo Mitra Utama saat ditemui di sela-sela acara pameran InaGriTech yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran beberapa waktu lalu mengakui kalau saat ini penjualan Alsintan seperti traktor roda empat untuk palm oil lagi lesu. “ Permintaan traktor dari industry sawit tidak sekencang Tahun 2017,2018 lalu. Tetapi tetap ada penjualan, “ujarnya.

Perusahaan-perusahaan sawit pun mulai mengendalikan pembelian traktor roda empat. Kalau tahun-tahun-tsebelumnya perusahaan-perusahaan itu butuh banyak tarktor sekarang pembelian dibatasi. “Umpamanya selama ini dia butuhnya 10, sekarang dikurangi 5. Mungkin limanya cukup perbaikan,”ujar pria yang sudah malang melintang di dunia Alsinta ini.

Untuk mengatasi masalah ini, para pemain dan distributor Alsintan berputar otak untuk mencari terobosan-terobosan baru,salah satunya dengan melebarkan sayap bisnisnya ke Alsintan lain yang peluang pasarnya dinilai stabil, seperti alat angkut sawit dari in field ke pinggir jalan, Air Blaster Prayer, alat siram untuk perkebunan tebu, pisang dan pertanian.

Jadi, tambah dia lagi, Satrindo akan berupaya memaksimalkan segmen-segmen di luar perkebunan sawit seperti perkebunan tebu. Meski diakuinya, Satrindo bukan pendatang baru di segmen tebu, tapi karena kondisi palm oil lagi lesu seperti sekarang, mau tidak mau segmen tebu lebih dimaksimalkan lagi. “Ada beberapa segmen yang belum kita garap. Karena segmen sawit terjadi penurunan, segmen lain yang kita kembangkan,”ujarnya.

Salah satu upaya Satrindo dalam mengatasi kondisi lesu seperti sekarang adalah dengan melaunching produk-produk baru. “Itu salah satu upaya kita ketika sawit lagi sepi. Kita luncurkan beberapa produk baru seperti Crawler Mini Dumper untuk angkut sawit ke pinggir jalan dan Air Blast Prayer, alat siram yang dirancang khusus untuk sasar sektor perkebunan pisang dan tebu, ,”ujarnya.

Crawler Mini Dumper merek Hansung ini sengaja didatangkan Satrindo dari Korea untuk membantu memobilisasi sawit dari in field ke pinggir jalan. Dengan body yang mungil diyakini alat ini bisa dengan mudah bermanuver di tengah perkebunan sawit dengan bobot ideal sebesar 1070 kg. Bobot sebesar ini memiliki load capacity 1000 kg(1 ton). “Dalam perhitungan Satrindo beberapa waktu lalu Crawler Mini Dumper ini bisa angkut sawit sekitar 8-9 ton per harinya,”jelasnya.

Crawler Mini Dumper merek Hansung

Kendati demikian, unit ini dirancang khusus supaya tidak merusak struktur tanah kebun dan akar sawit. Umumnya, kebun menghindari penggunaan traktor karena berdampak buruk.
Crawler track Mini Dumper ini memiliki anti derail sehingga bisa beroperasi di semua area darat. Dan yang tidak kalah pentingnya crawler track ini rangka bajanya bebas karat baik di crawlernya maupun di main bodynya.

Dari sisi spesifikasi, Crawler Mini Dumper Hansung ini dimodali mesin diesel Daedong ND10DE. Dilengkapi dengan trek karet sehingga area kontak dengan tanah yang luas memungkina crawler ini bisa melintasi tanah dengan kondisi yang lembut dan gambut.

Trek karet yang tangguh mengurangi pemadatan tanah, meminimalkan kerusakan jalan dan tidak mudah macet karena jejak tekanan tanahnya yang rendah. Dibuat dari material ringan yang kuat dengan ground clearance tinggi, mini dumper ini dapat mengakses segala medan di perkebunan kelapa sawit dengan mudah.

Untuk menurunkan buah dari bak juga sangat mudah karena mini dumper ini sudah dilengkapi hydraulic oil tank yang berfungsi menurunkan muatan secara otomatis melalui hidrolik yang terpasang pada bak unit.

Menurut Rendra, rencananya ada dua tipe yang akan dimasukan ke Indonesia, yakni tipe HTI-LD1000C-D dan HTI-LD2000C-D. Dan semua ini built up dari Korea.

Share.

About Author

Leave A Reply