Hadir di Mining Indonesia 2019: Wheel Maker Asal Jepang, TOPY, Perkenalkan Line Up Produknya Untuk Segmen Tambang dan Armada Logistik

Hadir di Mining Indonesia 2019: Wheel Maker Asal Jepang, TOPY, Perkenalkan Line Up Produknya Untuk Segmen Tambang dan Armada Logistik
(Ki-Ka :Etsuro Sugizaki (Section Head), Faqih Ahmad Jamil (Engineer),dan Higashino Yoshiyuki (Manager) dari Cosntruction and Industrial Machinery Wheel Ayase Factory, Japan)

Pertama kali hadir di Mining Indonesia 2019, Topy Industries, produsen wheel terkenal dunia asal Jepang perkenalkan berbagai line up wheelnya. Mulai dari ukuran yang paling kecil sampai yang terbesar untuk diaplikasikan di area pertambangan hingga armada logistik.

Saat ditemui di sela-sela acara pameran Mining 2019 yang diadakan di JIEXpo Kemayoran beberapa waktu lalu, Faqih Ahmad Jamil, Engineer dari Design and Development Group Cosntruction and Industrial Machinery Wheel Ayase Factory mengakui bahwa Topy adalah merek wheel yang berasal dari Jepang.

Selanjutnya Jamil, demikian ia biasa disapa menjelaskan, sebagai salah satu pembuat wheel komprehensif terkemuka dunia, Topy memproduksi wheel untuk semua ukuran untuk berbagai keperluan, baik untuk mobil penumpang, truk, bus, dan kendaraan konstruksi kecil dan besar – untuk memenuhi beragam kebutuhan industri mesin konstruksi hingga otomotif.

Di event Mining 2019 yang diadakan di JIEXPO Kemayoran beberapa waktu lalu, Topy memproduksi berbagai tipe wheel mulai dari light truk sampai dump truk. “Kami hadir di ajang Mining 2019 ini ingin memperkenalkan wheel kami serta ingin hadir lebih dekat untuk para customer kami di Indonesia.” jelasnya.

Harapannya, lanjutnya lagi, dengan hadirnya kami di pameran Mining Indonesia tahun ini wheel rim kami semakin dikenal luas baik oleh perusahaan-perusahaan armada seperti logistik, maupun masyarakat pada umumnya, dan pertambangan khususnya.

Line up yang didisplay di acara Mining 2019 terdiri dari wheel rim untuk truk dan bus, dump truk dan juga untuk loader. “Untuk wheel yang besar, end user produk kami adalah untuk pertambangan baik batu bara, nikel dan bisnis yang terkait dengan hauling,”ujarnya lagi.

Dengan teknologi Topy yang unggul, menjadikan produk Topy sebagai produk yang berkualitas mumpuni karena mampu memproduksi roda kendaraan konstruksi dengan kekuatan tinggi dan berdaya tahan tinggi. Ciri-ciri ini yang menjadikannya favorit dan dapat diandalkan di seluruh dunia. Wheel Topy bukan hanya dipasok ke produsen mesin konstruksi dan industri di Jepang saja tapi juga untuk luar negeri.

Roda SGOR® Topy dirancang untuk dump truk ekstra besar yang digunakan dalam operasi penambangan skala besar di luar negeri. Roda ini yang terbesar di dunia, dengan diameter 63 inci (sekitar 1,6 meter) dan lebar 44 inci (sekitar 1,1 meter). Dibandingkan dengan roda mobil penumpang, diameter SGOR® lima kali lebih besar dan 280 kali lebih berat. Rim-rim besar ini diproduksi di Jepang dan PT Masabaru Gunapersada merupakan dealernya di tanah air.

Sementara wheel yang berukuran sedang dan kecil untuk sasar truk-truk armada logistik dan kendaraan bus. Wheel-wheel yang kecil ini sudah diproduksi di dalam negeri yaitu di Topy Palingda Manufacturing Indonesia (TPMI) Karawang.

Wheel-TOPY
Wheel TOPY di acara Mining Indonesia 2019

Topy sebenarnya bukan pendatang baru di tanah air. Topy masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2000-an. Khusus untuk wheel truk and bus fasilitas produksi di tanah air berdiri sejak 5 tahun lalu, sementara wheel yang besar untuk pertambangan sudah masuk ke Indonesia sekitar 10 Tahun yang lalu.
Sampai saat ini respon pengguna wheel asal negari sakura ini sangat baik, apalagi di segmen mining. Karena produk ini sudah terkenal di pasaran dan dari sisi kualitas juga sudah tidak diragukan lagi. Apalagi Topy berpartner dengan berbagai produsen tyre kelas dunia dalam merancang wheel ini.
Harapannya industri di Indonesia semakin tumbuh dan dengannya Topy semakin berkonstribusi lebih banyak lagi untuk konsumen di tanah air dalam mengembangkan industri di tanah air khususnya di bidang mining dan logistik.
Ketika ditanya feedback dari ikut pameran Mining 2019, Jamil dengan penuh semangat menjelaskan bahwa feed backnya sangat baik dan positif. Beberapa perusahaan yang belum kenal dengan dealer Topy, menjadi semakin kenal dan otomatis kami bisa memberikan solusi yang lebih bagi customer di tanah air.

Keunggulan

Sudah ada banyak produk wheel yang beredar di tanah air. Tapi ketika berbicara tentang keunggulan, dari sisi kualitas, produk wheel rim dari negeri Sakura ini tidak perlu diragukan lagi. Jamil menjelaskan bahwa ada tiga keunggulan wheel rim asal Jepang ini. Keunggulan pertama wheel Topy adalah dari proses produksinya. Semua proses produksi dilakukan sendiri oleh Topy, mulai dari proses steel itu sendiri sampai finish build wheelnya.

Kedua, rim dan profile, konturnya asli dari Topy. Dengan quality control yang sangat ketat dijaga dari awal sampai akhir, sehingga sampai saat ini banyak dipakai di OEM dunia seperti Komatsu, Caterpillar, Belaz dll. “Karena itu kami yakin bisa memenangkan pasar di Indonesia,”jelas Jamil dengan penuh optimis.

Keunggulan ketiga Wheel Topy adalah dari sisi life timenya. Usia pakai Topy diyakini lama. “Kami yakin usia pakainya bisa sampai 5 tahun lebih. Dan kami berharap konsumen dapat menggunakan produk Topy ini dengan sebaik mungkin sehingga bisa meningkatkan produktifitas di bidang bisninya,”ujarnya.

Sementara dari sisi tipe, ada dua jenis tipe Topy. Pertama adalah Smart Type SGOR (STS). Tipe STS ini memberikan benefit yang bagus bagi customer. Karena dengan menggunakan STS ini memungkinkan pengguna mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengganti ban dan roda konvensional.

Didukung oleh tim profesional berkelas dunia, Topy mendesign wheel dengan cincin kunci dua potong (2 piece lock ring) yang dapat meningkatkan sisi safety.

Dengan memanfaatkan pengetahuan staf metalurgi dan pabrik bajanya secara maksimal membuat Topy bisa mengembangkan paduan kekuatan baru yang lebih tinggi yang memungkinkan Topy bisa membangun pelek yang tahan lama dengan penambahan bobot minimal.
Dari rim basenya sendiri, tipe STS ini sebenarnya mengadopsi struktur gutter di kedua roda belakang luar. Hal ini memungkinkan pengguna akhir untuk mengganti ban bagian dalam dan luar dari unit belakang tanpa melepaskan salah satu dari dasar pelek, dan mengurangi waktu untuk mengganti ban dan meningkatkan waktu operasional mesin yang sebenarnya.

Kedua, tipe Super Strength SGOR (SSS). Wheel rim SGOR (SSS) berkekuatan super tinggi karena menggunakan baja paduan berkekuatan tinggi yang dikembangkan di pabrik baja Topy sendiri sehingga bisa menghasilkan roda dengan daya tahan ekstrem tanpa bahan tambahan. Hasilnya adalah bobot wheel rim yang lebih ringan dan roda dengan kekuatan yang lebih tinggi.

Ketika customer menggunakan keunggulan teknologi STS dan SSS Topy maka customer akan mendapat benefit yang sungguh luar biasa. Karena dengan menggunakan dua tipe Topy ini bisa kurangi biaya operasi, tingkatkan waktu pengoperasian mesin dan bisa tingkatkan usia pakainya.

Dengan Desain wheel Rim Topy yang ringan memungkinkan reduce equipment running cost karena bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, meningkatkan kinerja peralatan, serta memperpanjang umur spare parts.

indotire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *