PT Trelleborg Indonesia Tawarkan Ban Brawler HD Solidflex Untuk Jobsite Yang Ekstrim

PT Trelleborg Indonesia Tawarkan Ban Brawler HD Solidflex Untuk Jobsite Yang Ekstrim

PT Trelleborg Indonesia memperkenalkan Tyre Brawler HD Solidflex untuk heavy duty di tanah air. Ban ini punya suspensi yang bisa memberi kenyamanan kepada operator. Ban solid ini juga free maintainance. Tidak perlu atur angin dan tidak mudah bocor. Saatnya untuk beralih dari ban pneumatic ke ban solid.

Industri ban dunia mulai menggeser kiblat mereka, dari penggunaan ban pneumatic ke ban solid. Mereka pun berlomba-lomba untuk menguji protipe terbaru ban mereka beberapa tahun terakhir ini. Salah satu pabrik ban terkenal dunia, Trelleborg telah memperkenalkan kepada public ban konsepnya yang teranyar, Brawler HD Solidflex, yang tidak hanya dilengkapi teknologi terbaru, tetapi juga bersuspensi dan free maintainance. Hal ini diungkapkan Solihin Achmad, Interfit Business Development Manager PT Trelleborg Indonesia saat berbincang-bincang dengan Tyre Indonesia Magazine, beberapa waktu lalu di Jakarta

Selanjutnya, Solihin, demikian ia disapa menjelaskan, PT Trelleborg Indonesia sebagai principal ban Trelleborg di tanah air mulai mengedukasi pasar di tanah air untuk perlahan-lahan beralih dari penggunaan ban pneumatic ke ban solid. Ada beberapa alasan utama yang dikemukakan Solihin, kenapa PT Trelleborg Indonsia mulai mengeduasi pasar ban tanah air untuk mulai beralih dari ban pneumatic ke ban solid.

Pertama-tama tentu belajar dari pengalaman yang sudah berlalu dimana ban pneumatic, baik itu bias atau pun radial memiliki banyak kekurangan, baik dari segi produktivitas maupun efisiensi.

“Karena semua ban pneumatic baik bias maupun radial harus mempunyai maintainance. Jadi harus ada tyre man khusus untuk memelihara ban itu. Butuh tyre engineer untuk ban pneumatic karena harus maintainance setiap hari, day by day,”jelasnya.

Sementara ban Solid tidak perlu maintainance, tidak perlu tyre man. Jadi untuk mengatasi masalah di ban bias, PT Trelleborg Indonesia menghadirkan satu solusi dengan menawarkan ban solid. “Kita ada solusinya di ban Solid. Ban solid itu free maintainance. Tidak perlu atur angin, tidak mudah bocor. Meskipun dia kena impact tidak akan berpengaruh ke ban solid. Jadi dari sisi produktivitas dan efisiensi sangat direkomendasikan pakai ban solid,”tegasnya.

Ban Brawler HD memang dirancang untuk bekerja di lingkungan yang ekstrim di mana kualitas berkendara yang baik diperlukan termasuk di pusat daur ulang besi bekas, scrap metal recycling centers dan operasi penambangan.

Ban Brawler HD memiliki dua roda yang dipatenkan dan sistem disk yang memungkinkan pertukaran ban dan roda hanya dengan mengubah disk. Roda bajanya juga direkayasa untuk menangani beban berat, torsi berlebihan, tekanan belokan dan tekuk yang berat. Perjalanan juga jadi nyaman. Sebanding dengan ban pneumatik diisi busa, tapak traksi khusus juga tersedia hingga kedalaman 7 inci.

Ban Brawler HD memiliki tiga kriteria berikut ini. Maximum Performance : Semua ban Brawler memiliki konstruksi yang solid dan senyawa penahan tahan luntur yang tahan lama yang membantu menghilangkan downtime yang disebabkan oleh tusukan dan kerusakan ban. Ban brawler terbukti bertahan lebih lama dari busa pneumatik.

Maximum Safety : Trelleborg bekerja sama dengan Original Equipment Manufacturers untuk memastikan semua produk sudah memenuhi tuntutan keamanan yang ketat.

Maximum value. Sementara dari sisi life timenya, OTR range, yang big untuk construction yang 25 inchi kalau secara teori dari kedalaman tread, itu bisa 450 persen dari L3. Dari pattern L3 itu bisa 4,5 kali lipat dari life timenya. Kalau dari L5 bisa 2 kali lipat. Itu secara teori, tapi bagaimana prakteknya itu sangat tergantung operator di lapangan,jelas Solihin.

Menurutnya, ketika customer membeli ban solid, mereka tidak hanya melihat dari sisi life timenya saja, tetapi juga part-part yang ada di dalamnya. Karena ban solid itu berat. Saat edukasi pasar, Trelleborg katakan bahwa secara international ban solid sudah direkomendasikan bisa digunakan pada unit-unit mereka. Seperti Caterpillar, Komatsu, dll sudah menggunakan ban solid. Artinya mereka mampu menggunakan ban solid.

Namun kelemahan ban solid menurut Solihin adalah di jarak. Ban solid tidak bisa dipakai untuk jarak jauh. Makanya ban solid cocok untuk di underground mining saja. Tidak bisa untuk mobilisasi material yang cukup jauh jaraknya, karena ban ini cepat panas.Di sini ban solid tidak bisa perform,jelasnya.

Ban OTR solid yang dirancang khusus untuk construction, cocok diaplikasikan di pabrik kaca, waste, recycling, replacement yang lantainya sangat buruk. Ban solid memang dirancang khusus untuk job yang sangat ekstrim,pungkasnya.

Solihin menambahkan bahwa sebenarnya yang menjadi concern customer di ban solid yang besar itu adalah sulitnya memasang ban solid. Jadi persoalan utamanya adalah bagaimana caranya ban solid itu bisa terpasang di unit. Karena ban solid itu harus dipress.

Sementara sampai saat ini di Indonesia belum ada alat mesin press yang besar, yang 25 inchi ke atas. Cara Trelleborg mensiasati kekurangan tools ini di Indonesia dengan cara memasukan ban itu sekalian dengan velgnya. “Dengan rimnya jadi satu. Jadi bold-on, menyatu dengan ban. Kita bold, menyatu tapi tetap universal disk. Jadi disknya itu kita bisa setting. Mau pakai unit apa pun kita tinggal ukur. Kita buat, kita pasang. Itu strategi simple kita ke pasar,”jelasnya.

Ban HD yang didesign dengan sistem bold on, di mana ban menyatu dengan rimnya dikenal dengan nama Brawler HD. Kalau bannya saja dikenal dengan nama HPS. Trelleborg Indonesia tidak pasarkan ban HPS ini. “Di Indonesia kita mainnya yang HD, yang langsung dengan velgnya. Disknya itu universal, jadi bisa dirubah dengan engineering lokal, ,”ungkapnya.

Sementara Solidflex sendiri adalah aperture. Jadi di ban Brawler itu ada lobang-lobang, bolong-bolong yang menyerupai telur, yang sebenarnya hanya untuk vibrasi saja. Kalau ada load, lubang seperti telur itu akan bermain. Itu fungsinya aperture dari solidflex,jelasnya.
Ban solid HD ini sangat efektif digunakan untuk di material handling dan construction, karena tidak perlu tyre man lagi. Tapi kalau di pneumatic mau tidak mau memang harus punya tyre man, setiap hari dia harus memperhatikan semua ban di setiap unitnya.

Ban Brawler® HD dirancang untuk bekerja di lingkungan yang ekstrem di mana kualitas pengendaraan yang baik diperlukan termasuk pusat daur ulang logam bekas, tempat pemindahan sampah dan operasi penambangan.

Brawler® HD memiliki roda dan sistem disk dua bagian yang dipatenkan yang memungkinkan ban dan roda dipertukarkan dengan hanya mengubah disk.

indotire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *