Hadir di GIIAS 2019, PT Technindotama International Indonesia Jajal Berbagai Equipment Tire Changer Untuk Truk

0

Danny Oey, Marketing & Technical Manager PT Technindotama International Indonesia

PT Technindotama International Indonesia merupakan salah satu perusahaan penyedia berbagai equipment untuk bongkar pasang ban atau biasa dikenal tyre changer. Sejak Tahun 2003, perusahaan ini dipercayakan untuk memasarkan berbagai merek tyre changer di tanah air. Beberapa diantaranya adalah tyre changer terkenal di pasar global seperti tyre changer merek Hofman dan techno.
Hal ini diungkapkan Danny Oey, Marketing & Technical Manager PT Technindotama International Indonesia saat ditemui Indonesia Tire Magazine di sela-sela acara GIIAS 2019 yang diselenggarakan di ICE BSD City beberapa waktu lalu.

Menurut Danny, demikian ia biasa disapa, tyre changer yang dipasarkan perusahaannya adalah tyre changer yang kualitasnya mumpuni, karena diproduksi oleh perusahaan terkenal di dunia. Sebut saja di antaranya adalah tyre changer Hofman yang diproduk di China tapi aslinya dari Austria, tyre changer techno yang diproduksi di Itali.

Kedua brand ini termasuk brand yang populasinya paling banyak diminati di pasar global. Indonesia menurutnya termasuk pasar potensial untuk alat-alat bongkar pasang ban seperti ini, lantaran pertumbuhan bisnis pertambangan, agriculture dan forestry yang kian membaik.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pertumbuhan pasar otomotif di tanah air yang semakin meningkat dari waktu ke waktu untuk berbagai segmen usaha. Seiring dengan berbagai perkembangan dan pertumbuhan di berbagai sektor usaha ini, otomatis permintaan akan alat seperti ini juga akan terus meningkat.
Tapi ketersediaan alat tyre changer bukan hanya soal bahwa equipmentnya ada, tetapi harus disupport fitur-fitur yang ada dalam alat itu sendiri dan juga technical support lainnya yang akan sangat menentukan kinerja tyre changer ketika mulai beroperasi.
Danny menjelaskan, saat ini perusahaanya menyediakan Tire Changer dari berbagai brand yang memiliki fitur-fitur yang lengkap dengan presisi serta tingkat akurasi yang tinggi sehingga mudah digunakan sebagai alat untuk melepas dan memasang ban pada berbagai tipe kendaraan, mulai dari mobil pribadi hingga kendaraan besar seperti bus dan truk baik truk logistik maupun heavy equipment truck lainnya di jobsite pertambangan.

Tapi saat ini, Technindotama lebih memilih untuk focus supply tyre changer khusus untuk truk.“Focus kita lebih ke truk dan OTR seperti bulldozer, crane, termasuk Rigit dump truk juga,”jelas Danny.
Untuk memenuhi kebutuhsan di segmen ini, Technindotama siapkan tiga tipe tyre changer yakni techno 168 T, M352, M 752, yang saingannya LS 54. Produk Itali dan produk China.

Keunggulan dari tyre changer yang disupply Technindotama adalah alat-alat bisa digunakan untuk bongkar-pasang ban baik ban radial maupun bias untuk berbagai varian ukuran mulai dari ukuran 7,5 sampai ukuran 12,24. Diameter maksimumnya 1600 mm. Ada juga produk asli dari Itali di mana maksimum diameternya 2300 mm. dan lebar bannya 1065.

Keunggulan lain yang dimiliki tyre changer yang dipasarkan Technindotama adalah tingkat efisiensinya. Untuk bongkar pasang ban truk dan OTR cuma butuh waktu 5 menit. Jadi proses bongkar pasang bannya sangat cepat dan presisi. Ditambah lagi pelicin asli dari Italia.
Alat-alat ini menurut Danny sudah tersebar hampir ke seluruh tanah air baik untuk memenuhi permintaan di segmen agriculture, forestry maupun mining. “Alat-alat kita sudah banyak populasinya di perkebunan, tambang, termasuk forestry. Peluang di sektor perkebunan sebenarnya sangat besar, karena alat ini bisa bongkar pasang ban traktor,”jelasnya.

Untuk menjawab kebutuhan di segmen perkebunan, Technindotama menyiapkan alat dengan beragam spek mulai dari yang lebih murah sampai kelas premium. Jadi, lanjutnya lagi, perusahaan kita siapkan dari spek yang medium sampai dan spek untuk heavy duty.
Soal pelayanan after sales services, Technindotama memberikan gratis biaya servis selama 24 bulan untuk para end user yang membeli alat di Technindotama.

Tire changer yang diageni Technindotama memiliki spare part yang umum dan mudah didapat. “Dengan harga terjangkau, mudah digunakan dan minim perawatan menjadi solusi terbaik bagi pelaku usaha ban dalam menjalankan bisnisnya,” ujar Danny.
Tire changer-tyre changer ini memilki daya watt, clamping (pengaturan panjang penjepit ban), Wheel Diameter (diameter ban) dan Wheel Width (tebal ban), wheel weight (berat ban) yang sangat bervariatif sesuai dengan spesifikasinya masing-masing. Tyre changer ini juga sudah dilengkapi dengan hydraulic pump motor.
Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan kompresor yang mampu mengosongkan angin ataupun mengisi angin di dalam ban dengan tekanan hingga 8 bar.

Dari sisi safety, menurut Danny sangat safe, karena tidak ada beban pekerjaan pada orang. Jadi semua pakai mesin dengan sistem hydraulic.
Selain menjual alat, perusahaan ini juga menyiapkan berbagai technical support yang bisa membantu customer. Ketika terjadi trouble dengan alatnya, teknisi dari perusahaan siap terjun ke lokasi untuk memperbaiki alat. “Kalau ada masalah dengan alat kita, teknisi kita langsung ke site,ujar Danny. Ketika ditanya permintaan paling banyak dari segmen man, Danny dengan semangat menjelaskan bahwa untuk saat ini permintaan paling tinggi dari sektor tambang. “Tyre changer kita paling banyak dipakai di tambang,”ujarnya.

Share.

About Author

Leave A Reply