Menghindari Pergantian Ban Forklif Terlalu Dini, Pilih Ban Solid Trelleborg Yang Sudah Dilengkapi Pit Stop Line

Menghindari Pergantian Ban Forklif Terlalu Dini, Pilih Ban Solid Trelleborg Yang Sudah Dilengkapi Pit Stop Line

Mengetahui secara pasti kapan mengganti ban industri itu sangat penting, karena ganti ban terlalu dini konsumen berisiko membelanjakan terlalu banyak ban, jika gantinya juga terlalu terlambat berisiko terhadap keselamatan mesin dan operator.


Trelleborg Wheel Systems berhasil mengembangkan inovasi teranyarnya untuk berbagai ban premiumnya yang memungkinkan operator dan manajer armada tahu dengan akurasi 100% kapan sebaiknya ban perlu diganti. Inovasi teranyar Trelleborg ini dikenal dengan sebutan “Pit Stop Line”.
“Ini inovasi kita yang terbaru di ban material handling, khusus untuk di forklift. Di ban solid kita itu ada Pit Stop Line namanya. Itu produk premium kita,”jelas Solihin Achmad, Interfit Business Development Manager PT Trelleborg Indonesia.

Menurut Solihin, cara kerja Pit Stop Line ini juga sangat sederhana. Jika di permukaannya sudah kelihatan warna orange, hal itu menunjukkan bahwa ban pengganti harus sudah dipesan sehingga pemasangan servis terjadwal.
Ketika Pit Stop Line ini muncul pada ban, itu early warning bagi konsumen kalau ban masih memiliki sekitar 100 jam masa pakainya. Dengan itu juga berarti bahwa ban pengganti dapat dipasang pada saat yang tepat dan paling nyaman.


“Jadi Pit Stop Line ini berfungsi untuk menyamakan persepsi antara pengguna, managemen, dan operator untuk mengetahui sampai mana wear limitnya ban itu. Selama ini kebanyakan kita tidak tahu, yang kita tahu kalau ban botak berarti sudah habis dan harus diganti,”jelasnya.
Meskipun sebenarnya ban botak itu tidak bermasalah untuk di material handling. Ban botak itu justru bagus karena load, jadi material ban yang touch di ground atau floor itu semakin banyak, malah semakin bagus performanya. “Jadi kita ada namanya Pit Stop Line. Setiap ban solid itu ada Pit Stop Line di mana garis batas habisnya ada di setiap ban,”ujarnya.


Jadi, lanjutnya lagi, pit stop line ini semacam early warning system yang ada di ban. 100 jam sebelum masa habisnya, ban akan berwarna orange. “Itu yang dinamakan Pit Stop Line. Ban itu sendiri akan berwarna orange 100 jam sebelum habis. Jadi dia masih punya waktu 100 jam sebelum melakukan pergantian. Jadi bannya sendiri yang kasih informasi. Ban jadi informan dirinya sendiri,jelasnya berapi-api.
Ban solid ini sangat efektif untuk di material handling dan construction, karena tidak perlu tyre man lagi, karena sudah ada early warning systemnya, sudah ada pit stop linenya.


Inovasi revolusioner ini juga membantu meningkatkan waktu kerja alat dan perencanaan servis. Dengan Pit Stop Line muncul 100 jam atau lima hingga 15 hari kerja sebelum ban perlu diganti, operator dapat merencanakan perubahan bannya terlebih dahulu, dan dapat menghindari waktu henti yang tidak direncanakan.


Trelleborg merupakan merek ban yang berasal dari Swedia yang mengkhususkan diri pada produk ban pertanian, kehutanan, dan industrial. Produk ban Trelleborg memiliki beberapa keunggulan seperti perfect grip, extra pull force, excellent self-cleaning, brilliant accesibility, stabililty, dan beberapa keunggulan lainnya.

indotire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *