Sambut Pasar Logistik Indonesia, PT Volvo Trucks Indonesia Luncurkan Unit Teranyarnya, FM 440 6X2T

0

PT Volvo Trucks Indonesia meluncurkan unit FM 440 6X2T untuk memenuhi kebutuhan kendaraan long haul alias perjalanan jarak jauh di sektor logistik di Indonesia.
Presiden Direktur PT Indotruck Utama Bambang Prijono mengatakan, truk berkapasitas besar dan spesialis long haul dibutuhkan seiring dengan peningkatan kinerja logistik Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

Menurutnya, selama ini sekitar 99% produk truk Volvo di Indonesia digunakan untuk kebutuhan sektor pertambangan. Kehadiran jalan tol di Jawa dan Sumatra membuka peluang yang lebih besar bagi Volvo untuk menggaet pasar di luar sektor pertambangan.
“Dengan selesainya jalan tol trans Jawa, kebutuhan truk dengan kapasitas besar semakin penting apalagi aturan overload diterapkan dengan ketat. Truk ini, FM 440 6X2T menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut,” katanya, (11/9/2019).
Dia menjelaskan, dari sisi safety unit ini sangat safe karena sudah dilengkapi dengan keamanan yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, mesin yang digunakan juga memiliki intercooler bermuatan turbo 6 silinder segaris dengan satu kepala silinder, camshaft overhead, dan sistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik.
Menurutnya, unit ini sudah dilengkaip air suspension for highest on-road payload, lifeable tag axle, advanced safety features, ADR compliant, sleeper cab with air deflector serta sudah sesuai dengan aturan pemerintah mengenai truk ODOL (Over Dimension Over Load).
Sementara sistem pendinginnya sudah disesuaikan dengan suhu lingkungan tropis dan memiliki asupan tinggi pembersih udara dengan elemen filter tambahan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan electronic brake system (EBS) yang dapat bereaksi cepat.
“Mesinnya berkemampuan 440 horse power, suspensinya menggunakan air suspension 6×2. Transmisi juga terbaik, bisa manual juga otomatis,” ujarnya.
Jurn Terpstra, Managing Director PT Volvo Trucks Indonesia, mengatakan peluncuran model ini merupakan upaya Volvo untuk melengkapi produksi buatan akhir tahun 2018 dengan teknologi I-Save. Menurutnya, teknologi ini dapat membantu mengurangi biaya bahan bakar dan membuat truk lebih ramah lingkungan. Selain itu, truk ini juga telah disesuaikan dengan aturan B30.
Dari sisi harga sangat kompetitif. Menurut Bambang Prijono harga truk ini ditentukan oleh dua factor yakni dari unitnya itu sendiri dan juga dari sisi teknologinya.
“Truk ini akan kita pasarkan dengan harga Rp 1,35 miliar off the road. Ini harga yang sangat kompetitif,” tuturnya.

Share.

About Author

Leave A Reply